[REVIEW] Sebuah Cerita dalam Konversasi : Tap dan Hooked

Hasil gambar untuk tap from wattpad

Bagi kalian yang gemar membaca, tentu sudah akrab dengan aplikasi semacam Wattpad, Google Play Books, IBooks, dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut menyajikan beragam cerita yang dikemas seperti novel, hanya saja dalam bentuk online.

Namun, rupanya ada sebuah terobosan baru dalam membaca cerita. Tidak hanya berupa novel, kalian dapat membaca sebuah cerita dalam bentuk chat atau percakapan. Keren ‘kan?

Hasil gambar untuk tap from wattpad

Perkenalkan, Tap. Sebuah aplikasi untuk membaca cerita dalam rupa chat. Cerita yang disajikan pun beragam. Mulai dari horor, hingga celebrity chat yang artinya kalian dapat membaca percakapan para artis (yang fiksi tentunya). Namun, menurut saya, genre yang paling pas untuk dibaca di ‘Tap’ adalah horor, thriller, atau misteri, karena ketegangan yang disajikan benar-benar terasa real.

Selain membaca, kalian dapat pula menulis cerita sendiri. Aksesnya mudah dan tidak ribet. Kalian juga dapat menambahkan emoji seperti ketika melakukan chatting sungguhan. Selain itu, background chat dapat diganti menyesuaikan cerita dan  sesuai hati si penulis.

Hasil gambar untuk tap from wattpad

Kekurangannya, selama membaca, kalian akan diberi ‘pass’ yang terbatas. Jadi, setelah ‘pass’ habis, kalian harus menunggu selama beberapa menit (umumnya sekitar 15 menit) atau membeli menggunakan uang sungguhan agar dapat membaca lagi.

Selain itu, cerita yang disajikan dalam aplikasi ini hampir sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris. Sejauh saya menggunakan ‘Tap’, saya hampir tidak pernah menjumpai cerita yang menggunakan Bahasa Indonesia. Jadi, jika kalian tidak dapat berbahasa Inggris, namun ingin membaca, siapkan Google Translate atau kamus yang lain.

Selain ‘Tap’, aplikasi yang menyajikan cerita dalam bentuk chat adalah Hooked. Fiturnya secara keseluruhan  hampir sama, namun apabila di Hooked, kalian tidak dapat memilih genre. Kalian hanya dapat mengakses cerita yang disediakan di Home saja.

Hasil gambar untuk hooked stories

Hasil gambar untuk hooked stories

Terlepas dari semua kekurangan di atas, bagi pecinta genre horor-misteri-thriller wajib mencoba aplikasi-aplikasi ini. Kalian akan terasa seperti membaca creepypasta, namun dalam bentuk yang lebih realistik.

Kedua aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau App Store secara GRATIS.

Demikian review singkat dari saya, semoga membantu dan menginspirasi. Apabila ada kesalahan, silakan tulis di kolom komentar dan saya akan segera memperbaikinya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s